widget

Senin, 16 Januari 2017

batik motif deun beru


Batik Gentong daun ruberuan
Tanjung Bumi
Bangkalan, Madura


Dari kesekian banyak bermacam-macam batik yang ada di Nusantara, Madura memiliki ciri khas  yang melambangkan tentang madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang batik gentong tanjung bumi. Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik.
Karna banyaknya tumbuhan yang ada di seluruh pelosok khususnya di daerah Madura tanjung bumi, bangkalan deun ruberuan (daun waru) tergolong unik di karenakan bentuk daunya yang berbentuk seperti hati, yang indentik dengan lambang cinta.
Batik motif ini pula melambangkan keemosianalan seseorang dalam romantika kehidupan, dimana hati yang biasanya di lambangkan sebagai bentuk emosional hubungan saling menyayangi. Dan lambing itu pula melambangkan kedamaian yang bias menghargai ataupun merangkul dari berbagai golonan agar bias menjadi kesatuan. Gambar deun beru (daun waru) yang bentuknya seperti hati itu di gambarkan dalam warnah yang berbeda-beda dan kelihatan ketika di kumpulkan membentuk karakter yang bagus, ini juga sebenarnya memiliki nilai filosofi yang dalam bahwa cinta itu yang menyatukan perbedaan menjadi satu kesatuan yang sangat indah.

                

0 komentar:

Posting Komentar