widget

Senin, 30 Januari 2017

Batik Motif Deun Deg-geddengan

Batik Motif Deun Deng-geddengan
Daun Pisang
Bangkalan, Madura


          Indonesia yang terdari dari berbagai suku bangsa dan antar agama (SARA) banyak hal unik di wilayah Indonesia, dari segi bahasa dan kultur budaya yang bebeda-beda menambah kekayaan Indonesia. Salah satu wilayah Indonesia yang berada di timur sebut saja jawa timur yang memiliki berbagai macam keunikan dari segi bahasa ataupun budayanya. Madura adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Jawa timur yang tergolong memiliki bahasa yang unik, karna kebanyakn kosa katanya yang sering di beri imbuhan dari kata awal objek, cotohnya seperti deun deng-kendengan (daun pisang).

          Dari bahasa itulah pembatik memiliki inspirasi untuk membatik dengan tema deun deng-kedenggan (daun pisang), hal itu juga menimbulkan keunikan di batik tersebut yang biasanya tergambar di kain batik adalah bunga, maka pembatik ini menggunakan deun deng-kedenggan (daun pisang). Terdapat filosofi yang dalam yang di sampaikan pembatik, deun deng-kedengan (daun pisang) yang memiliki struktur deun (daun) yang besar di gambarkan dalam batik ini, artinya di gambar terdapat deun (daun) yang besar kecil tapi mengikat satu sam lain untuk menjadi keutuhan yang kokoh tidak bisa di gempur oleh berbagai rintangan. artinya dalam filosofi yang di sampaikan buat kehidupan berbangsa dan bernegara dari setiap stikkolder atas sampai bawah ketika saling merangkul maka bangsa tidak akan bisa di hancurkan dari berbagai problem-problem kenegaraan, rakyat bisa hidup makmur Negara akan jaya.

Demikian tulisan ini, kami mohon masukanya kalau ada hal-hal yang perlu kita ubah untuk menjadikan tulisan ini menjadi sempurna. Mohon maaf ketika ada kekeliruan ataupun kata-kata yang tidak sesuai kami mohon koreksinya.

Thank’s

0 komentar:

Posting Komentar