widget

Minggu, 15 Januari 2017

Batik Motif Kembang Kopi (bunga kopi)



Batik Gentong Kembang kopi
Tanjung Bumi
Bangkalan, Madura


Dari kesekian banyak bermacam-macam batik yang ada di Nusantara, Madura memiliki ciri khas  yang melambangkan tentang madura itu sendiri, khususnya di daerah pesisir utara daerah Bangkalan. Salah satu yang sudah banyak di kenal di berbagai pencinta batik Nusantara, mereka pasti tahu tentang batik gentong tanjung bumi. Bukan hanya keindahan batiknya akan tetapi proses pembuatannya yang tergolong unik.

Dari berbagai macam banyak batik yang ada di Madura khusunya batik gentong tanjung bumi. Salah satunya yang bermotif kembeng kopi (bunga kopi).
Kembang yang artinya adalah bunga memiliki filosofi dan bentuk yang sangat indah, sedangkan kopi yang hitam pekat.
         
          Masyarakat atau pembatik tanjung bumi terinspirasi dari kembeng kopi tersebut karna keunikannya, biji kopi yang berwarna agak abu-abu tanah ketika di olah akan hitam pekat akan tetapi ketika sudah di tumbuk akan berubah warnanya itulah keunikan dari kopi yang di tuangkan dalam batik yang warnahnya menyerupai kopi tersebut, sedangkan dari kembeng (bunga) bunga memiliki tahapan dalam hidup. Mulai tumbuh hingga muncul bunga yang menebarkan bau mewangi. Keberadaan bunga juga  menyejukkan setiap mata yang memandangnya. Karena itu, seorang melukiskan Bungan dalam batik dengan menggunakan warnah seperti kopi agar tidak terlalu cerah melambangkan sebagian besar masyarakat yang kuliatnya sao matang.




0 komentar:

Posting Komentar